Rabu, 11 Maret 2015

Setelah 1 tahun...

Waw! Udah lama juga saya ga posting di blog ga penting ini ya hahaha....

Yap, update terakhir adalah ketika Minah, pembantu setia kesayangan keluarga kami meninggal. Tanggal 5 Maret kemarin adalah tepat 1 tahun, Minah meninggalkan kami semua. Dan......waw mau mulai darimana saya cerita ya..1 tahun terakhir banyak sekali yang terjadi, dan tidak disangka kehilangan Minah, membawa banyak sekali perubahan kepada diri saya dan bahkan keluarga saya.

Positif? Pasti....Saya jarang pesimis apalagi negatif, saya selalu melihat kehidupan ini dari sisi baiknya. Bukan sok positif tapi emang saya begitu orangnya.

Sepeninggal Minah, entah kenapa saya jadi lebih perhatian sama keluarga. Terlebih ketika kakak saya divonis mengidap penyakit kelainan darah hanya selang beberapa hari kami kehilangan Minah. Saya sih ga nangis2 denger berita itu, beda sama mama yang merasa (amit2) Kakak bakalan ga panjang umur (krn kata dokter ga ada obatnya) bukan sok tegar. Tapi saya lebih suka melihat sisi lain ketimbang meratapi nasib. Kalau ga bisa sembuh kenapa ga live with it aja?? 

Toh darah tinggi, diabetes, bahkan DBD juga ga ada obatnya tapi banyak yang berumur panjang kan. Bahkan papa saya yang mengidap komplikasi jantung sejak 2007 juga skr sehat2 aja. Saya ga suka jadi lemah dan melihat orang bersikap lemah, karena saya yakin ditengah kedukaan yang datang bertubi2 pasti ada berkah yang menanti.

Permasalahan ga selesai sampai disitu. Selain kakak saya kena penyakit kelainan darah yang ga ada obatnya. Fakta lain bikin saya merinding kalau mengingat kejadian ini dulu.

Papa udah lama pensiun, kurang dengar, punya sakit jantung, diabet, asam urat dll
Mama 1-2 tahun lagi pensiun, punya darah tinggi, kerjaan notarisnya sudah nyaris tidak ada
Teteh/kakak karena sakitnya, nyaris tidak boleh kerja dalam jangka panjang. Bisa kapan aja (amit2) mengalami kegawatan, dan tahun 2014 aja udah 4 kali masuk rumah sakit.
Saya, Baru aja keluar kerja, dan nyoba2 dagang villa di pangandaran.


Pertanyaannya adalah: siapa yang gawe a.k.a cari duit buat biaya bulanan, obat dan ke dokter papa sama teteh?

Jreeeeng.........

Dan sejak saat itu hingga hari ini, saya (mau ga mau) jadi tulang punggung keluarga....

Fakta yang mungkin bikin mati bediri para tulang punggung, sekedar gambaran...

Papa: biaya obat/bulan min: 3jt, belum termasuk check up dan amit2 kalau ke RS
Mama: biaya listrik makan dll kita berlima (+pembantu) min. 5jt + cicilan2 yg bikin merinding. akumulasi hutang tembus di 3 digit 
Teteh: 5jt/10jt/100jt??? unpredictable (ini bikin makin komplit)

Lalu apa yang keluarga kami punya:

Villa baru jadi, laku nya cuma tanggal merah hasil bedol tabungan saya+ngutang
Untungnya mama banyak invest tanah, tapi mama ga bisa jualnya.
Teteh, boro2 punya tabungan. Gawe aja kan ama mama

Yang masih bisa cari duit di keluarga ini? s a y a dan hanya saya.


Singkat cerita semua saya jalanin, mulai dari jualin mobil kesayangan yang saya beli sendiri buat bayar hutang, Sekolahin bpkb motor, dagang villa sampe banyak di unshare di path, di unfriend di fb, di delcont dll dan yg terakhir jd makelar tanah dadakan. dijual sedikit demi sedikit mengurangi beban hutang. Walaupun harus mengalami konflik yg tidak sedikit dengan orang tua karena gengsi dan idealismenya, Walaupun harus dibenci, dibilang anak kurang ajar, atau apapun tapi sekarang mereka mengerti bahwa saya keras buat keselamatan keluarga saya yang hampir diambang kehancuran.

Dan akhirnya kita bisa berada di posisi "agak aman" setidaknya untuk hari ini.

Lalu kalau ada yang bertanya kapan saya menikah? Saya pengen balik nanya, kalau anda diposisi saya, anda kapan akan menikah? Dan karena ini juga saya jarang posting di blog saya. So much things to do...

Meski begitu alhamdulillah, perlahan semua mulai stabil. Saya bisa beli lagi "mainan" saya, Walaupun bukan jip tua favorit, plus bonus kecil dr Tuhan, motor matik buat saya jalan2 di kota Bdg. Ajaibnya, sekarang saya bisa kasih sedikit penghasilan saya buat orang tua, dan saya bisa beliin Papa alat bantu dengar. Sebuah hal yang tidak mungkin saya lakukan ketika masih bekerja, kebayang aja ga. buat sendiri aja pas2an apalagi ngasih?

Mungkin yang kenal saya beranggapan hidup saya mudah, bahkan sesudah baca blog ini pun akan ada yang bilang, bahwa apa yang saya alami masih sangat mudah dan bilang saya cemen. Tapi saya ga peduli, karena saya yang jalani, dan mereka yang bicara seperti itu mereka tidak paham kesulitan yang saya alami. Mereka tidak paham rasanya punya mobil, punya rumah, tapi dililit hutang tanpa bisa bayar, ditambah harus ngurusin 2 orang sakit luar biasa. Belum tentu mereka bisa survive bila ada di posisi saya. Mereka hanya bicara.

Mereka juga tidak paham rasanya harus tertunda untuk sukses, harus tertunda untuk membangun keluarga, harus tertunda untuk merasakan apa yang sudah diraih teman2 seangkatan yg sudah pada sukses duluan bahkan sudah pada punya anak. Sedangkan saya, jangankan sukses dan punya anak. orang tua aja malu kalau ditanya tetangga "Argeu kerja apa?" Karena saya memang tidak kerja, di jam kerja seringkali saya ada di rumah. Tapi kalau disebut bisnis travel atau owner villa juga duitnya recehan.

Kenapa ga kerja? Mau sih...tapi emang ada ya tempat kerja yang bisa tiba2 saya ijin buat nganter teteh ke RS gara2 ada kegawatan, tapi bisa berkali2? Kalau ada mau tuh...

Dan saya percaya pada bisnis yang saya jalani sekarang, kalaupun mau dijalani sambil kerja juga bisa. Tapi mungkin nanti kalau ada momennya atau ada yg berbaik hati ngasih saya kesempatan.

Haaah.....begitu banyak yang terjadi dalam 1 tahun, and im survived..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar