Rabu, 11 Maret 2015

Cik Atuh Euy!

Cik Atuh euy!

Frase diatas sering keluar kalau orang sunda mengungkapkan kekesalan akan sesuatu tapi dengan cara yang lebih sopan. Frase diatas, kalau diartikan ke bahasa Indonesia, bisa berarti "tolonglah.." Atau kalau dalam bahasa inggris "oh come on!"

Lalu apa hubungannya sama postingan kali ini? Awalnya saya mau bahas soal Pangandaran Tour tapi berhubung ada sesuatu yang sering terjadi pada saya (dan mungkin pada teman2 juga) dan tadi pagi dalam perjalanan kejadian lagi. Akhirnya gatal ini saya garuk dengan bikin postingan yang mungkin ga penting buat beberapa orang.

Postingan ini lebih saya tujukan buat para pengendara motor, apalagi buat yang ngaku biker. (saya biker juga ya, yang kenal saya pasti tau "se-biker" apa saya, jadi jangan berpikir saya ga netral)

Buat yang nyetir mobil sendiri, pasti pernah mengalami spion mobilnya kesenggol sama pengendara motor. Trus si penyenggol lewat begitu aja kayak ga ada apa2 sedangkan si pemilik mobil ditinggal bengong/kaget. Dan sudah 3 hari belakangan saya sering mengalami ini, bahkan tadi pagi baru aja kejadian. Si penyenggol ditegur malah, tapi lempeng aja.

Dan yang paling baru, saya lagi diem di pinggir jalan (duduk diatas motor) nunggu pesenan makanan saya dateng (beli buat bawa pulang sama tukang makanan pinggir jalan) mendadak saya kaget karena spion motor saya disenggol cukup keras sama mahasiswi berjilbab (saya tau dia mahasiswi dari seragamnya). Dia cuma bilang "eh..." (sambil ngecek tangannya - yang di cek tangan dia loh, bukan saya yang dia senggol) lalu pergi begitu saja.

Gapapa sih, ga baret juga, ga rusak, orang cuma "ketoel" doang, tapi....

Ga tau buat orang lain, tapi buat saya ini ada masalah yang kalau dibiarkan bisa jadi "keprihatinan moral". Bayangin aja, orang udah nyenggol/nyeruduk/nabrak/noel badan atau benda milik orang lain dan dia lempeng aja kayak ga ada masalah. 

Kemana sopan santun kita sebagai manusia? 

Kita kan bukan kambing yang ga bisa bilang maaf. Kalau kambing udah nyeruduk orang trus ngeloyor gitu aja ya wajar namanya jg kambing. Tapi kita kan manusia, Apa sebegitu sulit dan malasnya kah bilang "maaf", "punten", atau "Sorry"? 

Dan makin kesini, makin banyak potret keprihatinan yang terjadi...

>Sein ke kiri, belok ke kanan, trus pas kecelakaan nyalahin yang nabrak. 
>Mobil gede pake strobo, plat nomer pilihan, bawa mobil ugal2an (mungkin dia berasa pejabat-lebih parah kalau pejabat beneran, bukannya ngasih contoh malah ngejago)
>Tukang parkir yang udah dikasih duit, pergi aja ga markirin/bantu narik motor
>Buang sampah ke jalan (apalagi kalau sampahnya berukuran besar) ditegur lempeng aja kayak ga ada apa2 kadang lebih galak (Makin prihatin kalau dilakukan sama plat luar kota yg main ke Bdg)
>Motor pakai mika lampu rem bening, pas di rem silau (masih ada aja)
>Jalanin motor ditengah trus pelan2, diklakson malah ngeliatin kadang melotot, bukan mikir. Padahal bayar pajak belum tentu lebih gede dari yang nglakson.
>Di stopan, (biasanya motor) bergerombol di depan garis marka berhenti, dikirain pada rusuh. Eeeh...udah ijo, pelan2 juga, trus di tengah ngalangin orang. 
>Ga mau ngantri, di mini market, dijalan dan di banyak tempat
>Ga sabaran, apa2 mau cepet, giliran dia ngalangin, Orang musti sabar
>ngegampangin urusan orang, ga mau tau. Egois tingkat dewa
>bangga berbuat salah, kalau dimarahin nyolot berasa lebih bener

Dan masih banyak lagi.. Whats wrong with you people?? Berbudaya itu bukan cuma mengaku di mulut, tapi dilakukan....apa susahnya: 

*Minta maaf ketika nyenggol atau nabrak orang atau sorry kek sambil senyum, kan ga bayar?
*kalau jalan pelan, dipinggir! ga semua orang sesantai anda, jangan egois, banyak yang kepentingannya lebih mendesak, banyak yg bayar pajak lebih besar dari anda jg ga ditengah
*Ngaku ketika salah, bertanggung jawab atas kesalahan. Jangan lupa minta maaf tentunya.
*taati aturan, pahami marka jalan, pahami rambu2 di jalan.
*sabar antri supaya keliatan kita ini bangsa pinter dan beradab. Jgn bangga seradak seruduk malu tau, bukannya keren!
*Bilang terima kasih ketika menerima sesuatu, apalagi kalau bukan hak tapi tetep diberikan
*Lakukan kewajiban, baru menuntut hak, atau kalau hak sudah diberikan jangan lupa kewajiban
*yang terpenting sadar diri, kalau ditegur orang jangan nyolot. Coba pikir, siapa tau kita yang salah. Jangan juga cuma diam kalau ditegur, minta maaf. Atau minimal "dadah" kasih tanda kalau kita mengaku salah.

Bukankah kita sudah diajarkan itu sejak kecil?? Diajarkan di PMP/PPKN/Kewarganegaraan yang kalau ga bener jawabnya kita bisa ga naek kelas. Seiring besar apakah kita telah lupa semua itu? Betapa guru kita bilang berkali2 bahwa PMP/PPKN/Kwn adalah pelajaran moral yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari2 karena kita mahkluk bermoral. 

Keren itu ketika kamu menjaga integritas dan martabatmu sebagai manusia. Bukan seberapa mahal/keren mobil, motor, atau gadgetmu. tapi seberapa indah lisan dan perilakumu.

Cik atuhlaah...masa yang gitu2 aja musti diingetin.

#Prihatin








Tidak ada komentar:

Posting Komentar