Rabu, 13 November 2013

Apa Sih Serunya Pake Mobil Tua?

Belom lama ini saya jd keracunan pake jip tua/klasik (meski bukan merk jeep) setelah sebelumnya maen di mobil eropa yg juga sama tuanya. yang saya mau bagi kali ini ada dua yakni, kenapa saya suka mobil tua? Mungkin orang banyak berpikir, apa bagusnya mobil tua? Udah rewel, jadul, malah beberapa ada yang malu pake mobil tua karena dianggap mobil butut dan ga bisa naekin gengsi. Tapi kalau buat saya, justru kebalikannya...hah?? Kok bisa? Lalu yang kedua adalah kenapa akhirnya saya beralih jadi pakai jip tua? 


Kenapa mobil tua?

Foto diatas adalah 4 sedan eropa merk Perancis "Peugeot" yang pernah saya miliki, tipenya 505 bermesin 4 cylinder 2000 dan 2200cc kelahiran tahun 1982-1988. Sekarang kita bahas dr segi style, apakah keempat mobil tua diatas keliatan jelek? Mungkin ada yg bilang iya ada yang bilang ga. Ya namanya juga selera bisa beda2 dan tidak untuk diperdebatkan. Tapi satu hal yang pasti ketika kita mengendarai mobil ini, kita pasti jd pusat perhatian krn populasinya yg langka, beda dengan saat kita menggunakan mobil baru yg banyak bgt wara-wiri di jalan. Ketika melihat mobil ini kesan yang orang adalah "wah mobil apa ini?" atau "wuih taun berapa nih? Mulus banget!" lalu ga jauh biasanya ketika di parkir akan ditawar atau minimal ngajak ngobrol (lumayan nambah relasi) lalu bagaimana kalau kita pake mobil keluaran baru? Tidak ada kesan! Yaa nyaris tidak ada kesan, meski mahal, paling jauh orang cuma berkomentar "ohh (sebut merk)" lalu sudah..atau "ini (sebut merk) ya? Harganya brp ya skr?" sesudah itu mobil hanya digunakan sebagai "alat" dan bukan sebagai bentuk jati diri dan sebagai bagian dari gaya hidup. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya juga memiliki dua jenis mobil keluaran baru di garasi rumah. Mereka hanya berujung jadi alat tanpa kesan tersendiri saat menggunakannya. Kalaupun ada kesan, ya hanya alakadarnya. Jadi kalau ada yang nanya apa bagusnya mobil tua? Ya diatas itu jawabannya.

Sekarang kita berlanjut ke pernyataan "ah mobil tua kan jadul dan rewel?" memang kalau urusan jadul, ya emang jadul namanya juga mobil tua, soal ini ga mungkin saya jawab. Tapi justru disinilah sensasinya, mengendarai mobil jadul dan bisa menempuh ribuan kilometer tanpa kendala akan menjadi kebanggaan tersendiri. Kalau naek mobil baru trus sampai ke kota tujuan, ya ga aneh..justru aneh kalau ga nyampe gara2 mogok/trouble di jalan. Tapi kalau pake mobil tua taun 80an dan bisa sampai di jakarta, pangandaran, semarang, jogja, tawang mangu, bahkan bali?mbeda lagi sensasinya bro and sis! Melihat orang geleng2 kepala krn mobil tua kita sampai di lokasi tersebut bisa jadi sensasi tersendiri. Lalu soal mobil jadul itu rewel, nah soal ini relatif banget. Orang tua saya paling tidak mau pakai mobil seken, dia selalu beli mobil baru dan diganti lagi yang baru setelah usia pakainya mencapai 5 tahun karena dirasa sudah mulai "jajan".... see?? Angka 5 tahun buat mobil baru sekarang memang sudah menjadi usia pakai cukup lama krn bahan yg digunakan memang difungsikan untuk sekali pakai buang. Ga heran jadi jajannya mulai banyak di tahun ke 5 dan pengeluarannya juga rutin untuk membuang semua yang tidak terpakai. Memang semua mobil kalau tidak diurus maksimal pasti jajannya juga maksimal. Ini berlaku jg buat mobil tua. Ga semua mobil tua butut, karena ada juga mobil tua yang terawat, malah kalau dirawat dengan baik, performanya bisa jauh lebih baik dr mobil sekarang. Bayangkan saja, mobil yg silver (poto ke 3) Peugeot 505 GTi tahun 1988 automatic (yap taun segitu udah matic) bisa lari hingga 190km/jam di tol palikanci yang terkenal sangat bergelombang, dengan aman dan nyaman! Ga loncat2 apalagi limbung! Sedangkan mobil sekarang kalau mau punya performa segitu kudu ditebus di angka 500jtan keatas! yang harganya dibawah itu mungkin bisa lari segitu, tapi pertanyaanya, aman apa ga? Limbung mah udah pasti. Sedangkan untuk sedan eropa jaman dulu, selain kaki2nya kayak perahu nyamannya, bodi dan bempernya jg lebih kuat dari tembok beton! Tested loh, sy pernah nabrak keras tembok beton di rumah saya karena lupa netralin gigi (pake yg putih), anehnya segitu kerasnya hantaman, yang ancur beton rumah saya! Mobilnya? Lecet pun tidak! Kualitas bahan jaman dulu tuh. Belom terkena cost reduction dll.

Lalu anggapan yang terakhir, "mobil tua ga bisa naekin gengsi" kata siapa? Justru sebaliknya. Biaya ngurus mobil tua juga ga murah loh, malah beberapa part bisa mencapai harga puluhan juta karena langkanya. Selain itu gak bisa dipungkiri, bbrp mobil tua adalah peminum bensin dan olie yang kuat. Ga aneh sekali ngisi bensin bisa 500rb karena tangki bensinnya yang mencapai 70ltr. Meski begitu harga part mesin mobil tua justru sangat murah, tapi aksesorisnya yang mahal. Karena inilah akhirnya beberapa waktu belakangan ini, muncul anggapan sebaliknya, bahwa memiliki mobil tua yang langka, terawat apalagi jika menggunakan aksesoris yang langka menjadi lambang kemapanan, terutama untuk mobil klasik dari brand premium eropa, semisal Mercedes-benz, Peugeot, BMW, dll. Berbeda dengan mobil sekarang yang irit, dengan biaya perawatannya yg relatif lebih ringan meski harus rutin. Nah disinilah tantangan memiliki mobil tua, kesulitan yang ada sepadan dengan sensasi yang ditawarkan. Gak heran kondisi diatas jadi "candu" buat beberapa laki2 dan perempuan yg jadi penghobinya. Hah perempuan? Eh jangan salah loh, banyak perempuan yg juga menggeluti hobi ini. Ada satu alasan mengapa banyak yang merasa lebih "bergengsi" pakai mobil tua. Ini karena ada anggapan pemilik mobil tua adalah mereka yang memiliki mobil lebih dari satu. Memang karena pemilik mobil tua rata2 memiliki mobil keluaran baru di garasi rumahnya, dan mobil tua adalah mobil kedua yang dia pakai sebagai hobi. Kalau hobinya adalah mobil, kurang bergengsi apalagi? Begitu kata orang. 

Lalu kenapa jip tua?

Nah sekarang baru kita masuk ke main topic, beberapa waktu belakangan ini memang saya keranjingan pake jip tua. Ini berawal dari racun tokobagus yang mulai banyak memajang mobil jip klasik For sale alias untuk dijual. Melihat beberapa unit yang saya kenal semasa kecil bikin saya jadi pengen nostalgia pake jip yang biasa dipakai papa mama saya dulu waktu muda. Papa memang dulu anggota salah satu komunitas off road yang cukup punya nama di indonesia, sama juga sama mama yang memang hobi pakai jip ketimbang sedan. Makanya semasa kecil garasi rumah saya lebih banyak diisi sama mobil jip ketimbang sedan atau minibus. Nah berbekal kondisi itulah akhirnya saya memberanikan diri meminang jip tua pertama saya, Suzuki Jimny SJ410 tahun 1984 berpenggerak 4 roda alias 4x4 atau 4wd. 




Sebenarnya saya memilih menggunakan jip saat ini adalah karena kondisi jalan tempat saya mengambil kayu di project site Puri Argenia pangandaran memang cukup ekstrim, pasir pantai yang kayak pasir isep ga bisa ditembus pake mobil pada umumnya yg berpenggerak dua roda/2wd apalagi sedan. Dan kenapa jip tua? Karena spek off road dan kekuatan bodi maupun sasisnya yg sudah teruji. Lagian sayang kan pake mobil mulus buat kegiatan off road? Bisa baret2 pas keluar hutan. Dan lagi2 sensasi yang ditawarkan memang ga ada duanya. Menembus jalan biasa keluar kota dengan mobil tua biasa aja udah seru, apalagi nembus medan berat pake mobil tua?? Lebih bikin geleng2 kepala. Meski begitu memang kenyamanan mobil beginian nyaris ga ada hehehe, tap lagi2 sensasi "macho" yang ditawarkan bukan kenyamanan dan kemewahan. Ga berapa lama berselang, saya ditawari seorang kolega untuk menukarkan Taft F10 tahun 79 miliknya dengan jimny saya, katanya dia tertarik dengan warnanya. Setelah nego dan ngobrol panjang lebar di bbm (sama2 dinas di luar kota makanya via bbm) akhirnya kita memutuskan ketemuan di bandung. 

Ternyata mobil ini rajin "dilatih" di sukawana lembang, buat sekedar off road ringan bersama teman2 dan keluarga sang pemilik yang bernama Rico. Kesibukannya sebagai juru bicara pertamina di palembang, bikin Rico hanya menikmati mobil ini saat weekend. Setelah melihat kondisi masing2 kendaraan akhirnya Rico dan saya sepakat untuk menukar kepemilikan mobil kita dengan kompensasi sejumlah uang dari Rico kpd saya karena melihat tahun kendaraan dan harga pasar antara Taft F10 dan Jimny yg berbeda. Dibawah ada foto Taft Rico yang akhirnya jd milik saya



Dan ternyata pake Taft sensasinya beda lagi, campuran antara Land Rover untuk mesin dan Jeep untuk bodi dan posisi duduk. tapi kenyamanan memang menang Taft walau harga jual tidak sebagus Jimny yang harganya sekarang mulai ga masuk akal. Sekarang saya mulai menyukai dunia jip dan off road ini, mungkin ada turunan dari papa. Saya merasa sudah turun di segmen otomotif yang "saya banget" gaya nyetir saya yang memang ugal2an dan senang tantangan ternyata mendapat tempat disini. Mungkin kedepan saya bakal lebih explore lagi hobi baru saya ini, dan mudah2an Tuhan mencukupkan rejekinya yang ternyata bikin keder juga hahaha...

Peluang bisnis..

Buat yang mulai mau terjun di dunia mobil klasik, ada peluang bisnis di dunia ini, karena memang harga jual mobil tua itu ga pernah turun, malah cenderung naik terus. Jadi kalau beli 50jt, dengan sedikit perbaikan apalagi sampe ga ada "pe er" sama sekali bisa2 harganya naik jadi 55-60jt, harga pasar pun gelap karena mengikuti kondisi kendaraan. Ada juga istilah bahan, semi bahan, dan jadi. Untuk kendaran dengan istilah bahan, biasanya adalah kendaraan yang mati total atau sudah 
Ama tersimpan di garasi atau pinggir jalan tanpa terawat. Kondisi ini biasanya digunakan penghobi untuk menawar harga semurah2nya dengan kondisi apa adanya, untuk kemudian dibangun lagi untuk dijual dengan nilai tinggi atau dipakai. Kalau semi bahan, biasanya adalah kondisi mobil tua yang pe ernya segambreng, tapi harga biasanya dibawah pasaran. Jual butuh atau memang kehabisan dana merestorasi sering jadi alasan mobil semi bahan dijual. Terakhir adalah kategori jadi. Mobil jadi biasanya adalah mobil yang sudah selesai di restorasi atau memang dijual dalam kondisi terawat atau bahkan sangat terawat. Kedua jip saya diatas adalah contoh yang memang sudah jadi. Kalaupun ada pe er ya bukan masalah besar, semisal kulit jok ada getas atau sobek, kanvas rem habis, atau ganti olie. 

See you on the next post!














4 komentar:

  1. Nice topic bro.... ane juga pernah pake Pug 505GR thn 82, 4 speed, pake 12 tahun. Badak itu mobil. Trus Pug 405STI thn 96, nyamaaaannn tenan. Lanjut skrg ditemenin sama Pug 406d9, walah, nyaman tulen. Dulu waktu kuliah thn 90an pengen bngt punya 505GTI, keren kaya pesawat kokpitnye, hehehe. Betul, yg saya beli adalah sensasi berkendara. Soal image, European car is so strong di negara kite yee. Ini sdh termasuk hobi, dan bener jika kita telaten miaranya, itu mobil PASTI awet.

    BalasHapus